Jumat, September 11, 2020

Optimalkan Imunitas Anak Kelahiran Caesar Dengan Mikrobiota Sehat

Hola Hola,

Apa sih yg terbesit di pikiran kalian saat denger kata operasi caesar? Menurut kalian, imunitas tubuh anak kelahiran caesar gimana? Pastinya udah tau dong soal operasi caesar, tapi ternyata belum banyak yg tau lengkap apasih hubungannya imunitas tubuh anak dengan proses persalinan caesar? Persalinan caesar sangat mempengaruhi imunitas anak makanya moms yg mempunyai anak dengan persalinan caesar harus dipantau nutrisi anaknya dengan memberikan mikrobiota sehat, meliputi ASI, prebiotik, probiotik, dll untuk memperkecil faktor resiko caesar anaknya.





Baru-baru ini aku baru aja ikut webinar dengan tema : "Optimalkan imunitas anak kelahiran caesar dengan mikrobiota sehat". Webinar dari Nutrilon yg menghadirkan narasumber dari ahlinya. Narasumbernya : Dr. Ali Sungkar, Prof. Moh. Juffrie & Chyntia Lamusu. Banyak banget insight yang aku dapatkan walaupun aku belum mengalami persalinan caesar.


Mama mana sih yg mau melahirkan caesar? Pastinya semua mama pingin melahirkan normal, tapi seiring kehamilan tidak semua bisa melahirkan normal. Ada banyak hal yg membuat banyak ibu harus melahirkan caesar demi keselamatan anak dan ibu contohnya indikasi medis tertentu.



Dr. Dr. Ali Sungkar menjelaskan tentang apa saja yg perlu diketahui pada kelahiran caesar. Berikut point pentingnya :

Apa Itu Persalinan Caesar?

Melahirkan melalui bedah Caesar berarti mengeluarkan bayi melalui sayatan dari perut sang ibu, teaptnya insisi pada dinding anterior abdomen & dinding uterus, bukan dari vagina. Persalinan caesar ini sering dilakukan khususnya kalo mama & bayi ada masalah di kandungan, jadi untuk menekan angka kematian mama & bayi.

Bagaimana Proses Persalinan Caesar?

Sebelum pembedahan, dokter akan melakukan anestesi (pembiusan) epidural, sehingga membuat daerah perut menjadi mati rasa saat melakukan proses penyayatan di area perut bagian bawah. Jadi, mama akan sadar selama proses operasi Caesar, namun akan mengalami mati rasa mulai dari area perut ke bawah. Namun pada keadaan tertentu akan dilakukan pembiusan umum.

Dengan tirai pembatas, mama tidak bisa melihat dokter ketika menyayat perut mama. Dokter mungkin akan memberikan obat penenang untuk membantu mama agar lebih rileks. Tidak sampai hitungan jam, Anda akan mendengar suara tangisan bayi yang keluar dari rahim mama.


Jenis Persalinan Caesar


Ada 2 jenis persalinan caesar yaitu :persalinan terjadwal & persalinan tidak terjadwal. Keduanya mempunyai kelebihan & kekurangannya masing-masing.


Apa Saja Indikasi Persalinan Caesar?


Ada banyak faktor yg mempengaruhi persalinan caesar. Diantaranya : bayi mengalami distress, posisi bayi yg tidak sesuai, kelainan letak plasenta, kembar / triplet, hambatan jalan lahir, riwayat operasi caesar sebelumnya, dll.


Risiko Persalinan Caesar


Persalinan caesar memiliki risiko yg harus dihadapi mama & anak. Risiko pada mama : infeksi, pendarahan, luka operasi, bekuan darah, dll. Risiko pada anak : pernafasan, cedera operasi.


Perbedaan Profil Mikrobiota Antara Persalinan Normal & Caesar

Persalinan normal mikrobiota berasal dari vagina jadi banyak bakteri baik. Persalinan caesar mikrobiota berasal dari lingkungan jadi banyak bakteri buruk.





Prof Dr. Moh. Juffrie menjelaskan tentang mikrobiota saluran cerna fondasi untuk imunitas anak. Berikut point pentingnya :

Mikrobiota Saluran Cerna & Pengaruh Terhadap Saluran Cerna

Mikrobiota pada usus adalah bakteri baik / jahat yg ada dalam usus, jumlahnya 1-2 kg melebihi sel tubuh. Lokasi paling banyak ada di usus besar.

Pembentukan Mikrobiota Saluran Cerna

Mikrobiota saluran cerna didapat sejak anak lahir & berkembang hingga usia 3 tahun. Periode perkembangan mikrobiota itu penting untuk mendukung sistem imunnya.

Faktor Yg Mempengaruhi Mikrobiota Saluran Cerna

Ada banyak faktor yg mempengaruhi mikrobiota saluran cerna, diantaranya ASI, genetik, lingkungan, makanan, dll

Bagaimana Metode Kelahiran Mempengaruhi Mikrobiota Saluran Cerna?

- Anak yg lahir melalui persalinan normal akan mendapatkan banyak bakteri baik
Anak yg lahir melalui persalinan caesar akan mendapatkan sedikit bakteri baik & berpotensi mengalami disbiosis.

Bagaimana Cara Membantu Memperbaiki Keseimbangan Mikrobiota Saluran Cerna?

Ada banyak cara membantu memperbaiki keseimbangan mikrobiota, antara lain, memberikan asi full selama 2 tahun, memperbanyak probiotik melalui makanan minuman berfermentasi, memperbanyak prebiotik melalui makanan yg tinggi serat, makanan minuman yg sehat, dll.





Cynthia Lamusu sebagai artis & mama yg melahirkan caesar berbagi pengalamannya. Pengalaman pentingnya persiapan ilmu, fisik & mental sebelum melahirkan caesar. Setelah anak besar, mama Cynthia pum harus memaksimalkan tumbuh kembang anak, persiapan yg matang hingga dukungan dari orang terdekatnya.


Untuk itu, Mama dan Ayah pasti akan mempersiapkan semuanya secara optimal. Namun, ada satu hal yang perlu diketahui lebih banyak orang tua, yaitu bahwa metode kelahiran caesar dapat memengaruhi sistem imun anak karena Metode persalinan dapat menentukan jenis mikrobiota yang nantinya akan menghuni usus anak.
Dimana keseimbangan mikrobiota ini sangatlah penting untuk menjaga kesehatan cerna yang berdampak pada imunitasnya.Cara menangani hal ini ialah dengan menjaga keseimbangan mikrobiota ususnya dengan mengonsumsi nutrisi lengkap dan mengandung prebiotik serta probiotik seperti yang ada dalam ASI.

Yuk mulai biasakan memperhatikan nutrisi + imun dari sekarang! Nutrisi lengkap + imun kuat bikin hidup lebih sehat & nyaman.
Buat lebih tau info soal nutrisi & imunitas untuk tumbuh kembang si kecil khususnya anak kelahiran caesar, langsung aja cek akun @nutriclub_id / website https://www.nutriclub.co.id/ .










 Buat nambah semangat aku nulis blog, bisa loh share article ini di G+ atau sosmed kalian.
Yang mau komen juga boleh banget. Kritik & saran berguna banget buat lebih baik lagi.
Terima kasih sudah membaca blog ini.
Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.
Have a amazing day & don't forget to smile !!

Love,
Mirza 


Please don't copy & paste photo without permission.
Contact me if u want my article/photo !!
Copyright  mirzapradita.com

25 komentar:

Annisa biru mengatakan...

Baru tau kalau lahiran ceasar ada dampak buruknya lagi :(
terima kasih moms mirza utk infonya jadi ilmu ku bertambah dan utk anak kedua nanti bisa lebih dipersiapkan

Bunsal mengatakan...

Materi webinarnya bermanfaat banget.
Pasti sangat berguna untuk semua mama, terutama yang sedang menanti kelahiran buah hati.

Mugniar mengatakan...

Optimalkan imunitas anak kelahiran caesar dengan mikrobiota sehat ... bahasan ini penting banget diketahui para ibu sebelum melahirkan ya biar bisa bersiap, apa yang harus dilakukan jika harus melahirkan secara caesar.

Melina Sekarsari mengatakan...

Jalan lahir ternyata diciptakan Tuhan dengan manfaat luar biasa, ya. Terus terang saya baru tahu soal mikrobiota itu. Itu sebabnya, ayo para ibu yang memang tidak punya kesempatan melahirkan secara per vaginam, maksimalkan upaya untuk bisa menyusui secara optimal. Demi bayi yang sehat dan berimun tinggi.

lendyagasshi mengatakan...

Aku sungguhan baru tahu setelah mendapat insight dari tulisan kak Mirza mengenai persalinan caesar juga ada resikonya begini yaa..
Banyak belajar dari para ahlinya agar nutrisi tetap bisa dipenuhi sedari dini oleh anak.

andyhardiyanti mengatakan...

Selama ini gak pernah baca pembahasan tentang mikrobiota sehat. Alhamdulillah jadi tahu juga bahwa mikrobiota sehat bisa untuk mengoptimalkan imunitas anak yang lahir lewat proses caesar.

Ima Satrianto | www.tamasyaku.com mengatakan...

Seneng ya di masa pandemi begini masih dapat ilmu tentang tumbuh kembang dan nutrisi anak. emang kalau anak lahir prematur dan caesar diperlakukan spesial ya.

Aprillia Ekasari mengatakan...

Aku taunya caesar emang imunnya ksecara teori gak sebagus anak2 yg lahir via vagina, tp kalau nutrisinya bagus nanti jg akan baik2 aja sih. Yup setuju banget yang dijaga salah satunya adalah saluran cerna supaya anak tetap sehat yaaa

moiismiy mengatakan...

Ulasan yang menarik dan informatif Moms. Memang sangat penting memperhatikan nutrisi imun dari sekarang agar hidup lebih sehat & nyaman.

Mirwan Choky mengatakan...

Memang sangat penting sih imunitas bagi anak, gak hanya anak lahir caesar, tapi juga anak yang lahir normal.

Fenni Bungsu mengatakan...

Ilmu nih kak buat daku saat nanti mengalami fase tersebut sudah punya bayangan mau proses melahirkan caesar atau normal

Nufa Zee mengatakan...

Wah makin semangat MengASIhi sampai 2 tahun ini, sebab banyak manfaatnya ya

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

MasyaAllah bertabur ilmu banget ini ya Mba. Kapankapan pengen ikut aku belum pernah melahirkan semangat bunda bunda semoga kita dimudahkan dalam mengandung, melahirkan, dan mendidik.

Shafira Adlina mengatakan...

wah ternyata mikroba saluran cerna fondasi untuk imunitas anak..dulu dr dan bidanku jg kasih tau kalau anakku yang pertama lahir sc mmg imunitas bbeda dg yg lahir normal. tetapi kita harus optimalkan jg salah satunya suplay dari susu yaa

Marantina mengatakan...

Ulasan yang menarik, mbak. Walaupun imunitas anak yang dilahirkan secara c-section berbeda tapi tetep bisa dikejar lewat nutrisi yang baik ya

nitnot mengatakan...

Baca ini aku jadi inget dulu pas melahirkan ZIO melalui opersi caesar ^^ semangatttttt semuaaa ... tetap kejar nutrisi yaa

Gioveny Astaning Permana mengatakan...

Aku juga lahiran anak pertama operasi lho mom, alhamdulillah nutrisinya memang tetap harus terjaga ya supaya tumbuh kembang si kecil optimal

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Wow, kehebatan dari cara lahir anak saja bisa mempengaruhi kesehatan saluran cernanya dari kecil hingga dewasa. Alhamdulillah kedua anakku lahir secara per vaginam, Insya Allah mendapatkan mikrobiota dari jalan lahirnya dan asupannya juga.

Mamiyu mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Mamiyu mengatakan...

empat kali, mbak. saya melahirkan SC. tapi emang resiko saluran cerna anak yang terlahir karena SC lumayan tinggi

Melina Sekarsari mengatakan...

Sama saya jugaaa. Pantesan ya, banyak bayi terlahir caesar yang harus dibawa ke RS lagi karena kuning. Eh, ini karena faktor imunitas juga atau bukan, ya?

Yanti Alif mengatakan...

Wah baru tahu kalau anak yang lahir caesar bermasalah sama saluran cerna pantesan anakku msalah banget pencernaan karna memang dua2nya lahir secara caesar, kekbalannya kurang

Zefy Arlinda mengatakan...

Ternyata banyak ya resikonya kalau lahiran cesar. Aku kira hanya luka yang lama sembuhnya ternyata merembet kemana-mana. Salut untuk para ibu yang lahiran cesar. Semangat para ibu

andyhardiyanti mengatakan...

Bagus ih webinarnya. Dengan begini kita jadi lebih tahu banyak tentang gimana sih proses kelahiran caesar itu, apa yang menyebabkan dan risikonya apa saja.

Farahdjafar mengatakan...

Alhamdulillah kakak iparku melahirkan caesar lancar dan anaknya sekarang pintar