Senin, Agustus 03, 2020

NUTRISI UNTUK IMUNITAS, KUNCI UTAMA TUMBUH KEMBANG OPTIMAL

Hola-hola,
 

Apa sih yg terbersit di pikian kalian saat denger kata imun tubuh? Menurut kalian, imun tubuh bisa didapat dari mana saja? Pastinya udah tau dong soal imun tubuh tp belum banyak yg tau lengkap penjelasannya. Nah kali ini aku mau membahas soal imun tubuh pada anak karena lagi pandemi gini biasanya moms pada panik. Imun tubuh biasanya didapatkan dari nutrisi khususnya pada anak. Nutrisi yg masuk ke tubuh anak sangat mempengaruhi sistem imunitas, Biasanya nutrisi berkaitan erat dengan pencernaan anak yg akan menghasilkan daya tahan tubuh sehingga membuat saluran cerna anak lancar.




Apa itu imunitas?

Imunitas bisa diartikan pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh patogen. Respons kolektif dan terkoordinasi dari sistem imun tubuh terhadap pengenalan zat asing disebut respons imun. Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Saat sistem kekebalan tubuh lemah, kuman-kuman tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.


Bagaimana imunitas terbentuk?

Jika kekebalan tubuh Anda kuat, Anda tidak akan mudah jatuh sakit. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ada berbagai banyak cara yang dapat dilakukan. Imunitas sendiri bisa terbentuk dari apa yang ada di dalam tubuh, jadi tubuh bisa melawan sendiri penyakit apabila imunitasnya kuat. Diantara caranya yaitu dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat.


Bagaimana nutrisi membentuk sistem imun tubuh?

Kemarin aku baru aja ikut webinar dengan tema : "Nutrisi untuk imunitas, kunci utama tumbuh kembang optimal". Webinar dari Nutrilon yg menghadirkan narasumber dari ahlinya. Narasumbernya : Dr. Ariani & Prof. Yvan.

 Asupan nutrisi akan besar untuk sistem imun tubuh. Nutrisi yg buruk dapat menyebabkan sistem imun yg buruk, gangguan tumbuh kembang jadi tubuh bekerja tidak optimal. Imunitas tubuh manusia meliputi kesehatan seluruh tubuh, khususnya pencernaan, pernapasan & kulit. Imunitas manusia dimulai dari kita lahir di dunia dengan pemberian nutrisi. Nutrisi didapatkan dari apa yg kita konsumsi.



Fungsi imun yg optimal tergantung dari sistem imun yg dibangun tubuh dengan nutrisi. Nutrisi terdiri dari gizi seimbang. Yg paling banyak diperlukan tubuh itu vitamin, mineral, probiotik & prebiotik. Semua diperoleh dari apa yg kita konsumsi : makanan, minuman, dll jadi jangan sembarangan konsumsi untuk tubuh karena akan berefek langsung.

Dr. Ariani, Dokter Spesialis menekankan pentingnya ketahanan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan anak serta cara mengoptimalkan imunitas anak melalui kesehatan saluran cerna.




Kesehatan saluran cerna sangat berperan sangat penting untuk mengembangkan sistem imunitas anak sejak dini. Kesehatan saluran cerna dipengaruhi banyak faktor, diantaranya : asupan nutrisi, suplemen, dll.


Kalau faktor pendukung kesehatan saluran cerna terpenuhi, maka akan ada banyak mikrobiota di usus. Mikrobiota mengandung komposisi seimbang dari berbagai kelas bakteri baik yg banyak manfaat. Mikrobiota yg sehat langsung mempengaruhi sistem imun jadi sistem imun makin sehat.

 

Prof. Yvan menunjukkan GIANT Study bahwa nutrisi prebiotik FOS GOS berperan penting untuk menjaga saluran cerna anak dan mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang seimbang.


Yuk mulai biasakan memperhatikan nutrisi + imun dari sekarang! Nutrisi lengkap + imun kuat bikin hidup lebih sehat & nyaman.


Buat lebih tau info soal nutrisi & imunitas untuk tumbuh kembang si kecil, langsung aja cek akun 
@nutriclub_id / website https://www.nutriclub.co.id/ .



#BeResilient #ResilientTogether



 Buat nambah semangat aku nulis blog, bisa loh share article ini di G+ atau sosmed kalian.
Yang mau komen juga boleh banget. Kritik & saran berguna banget buat lebih baik lagi.
Terima kasih sudah membaca blog ini.
Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.
Have a amazing day & don't forget to smile !!

Love,
Mirza 


Please don't copy & paste photo without permission.
Contact me if u want my article/photo !!
Copyright  mirzapradita.com

54 komentar:

Marantina mengatakan...

Aku juga baru tau dari webinar ini ternyata kesehatan saluran pencernaan itu ga bisa dianggap enteng karena ngaruh ke penyerapan nutrisi. Seneng bisa ikut webinar nutriclub

Jihan Fauziah mengatakan...

Keren banget isi webinarnya yaaa.... Jadi makin paham bagaimana imun terbentuk untuk menjaga daya tahan tubuh supaya gag gamoang sakit...

Nia mengatakan...

Apa bedanya probiotik dengan prebiotik, Mom? Soalnya yang aku sering dengar itu istilah probiotik untuk diare anak, hehehe... Kalau yang prebiotik belum pernah dengar :D

Putri Rachmania mengatakan...

Mantepppp banget ini infonya jelas .. aku ga ikut webinar nya tapi tetep dapat info nya dr mom mirza.
Ternyata imunitas dalam tubuh macem” ya mom dan kita juga kudu paham untuk jaga daya tahan tubuh biar ga tumbang

Ratih Putri mengatakan...

Asupan nutrisi ternyata penting banget ya mom buat daya tahan tubuh, salah satu hal yang kadang ga terlalu aku perhatikan padahal. Jadi pengingat nih sekarang harus lebih memperhatikan asupan nutrisi untuk keluarga

www.derisafriani.xyz mengatakan...

Memang letak awal kekuatan tubuh itu ada pada saluran cerna. Kalau saluran cerna tidak baik, makanan sesehat apapun yang kita konsumsi tidak dapat diserap dengan benar. Apa lagi pada anak ya Mom.

@rulachubby mengatakan...

Kesehatan saluran cerna ini ang penting banget sih. Menjaga si bakteri2 baik yang ada di saluran cerna juga gampang gampang susah yaa

nurul rahma mengatakan...

Ibu2 jaman now harus banget mendapatkan asupan ilmu seputar nutrisi da tumbuh kembang anak
Karena memang se-PENTING itu ya kan
Semoga anak2 kita semua tumbuh sehaaatt dan resilient!

Nurul Mutiara R.A mengatakan...

Aku setuju mengenai nutrisi sebagai penguat imunitas dan pendukung perkembangan otak anak. Aku jadi ingat kasus2 stunting yang terjadi gegara nutrisi selama mengandung dan setelah lahir minim. Moga aja semakin banyak ibu teredukasi mengenai pentingnya nutrisi bagi anak ya kak

Melina Sekarsari mengatakan...

Wah, seru banget bisa ikutan webinar ini. Saya sih setuju bahwa imunitas berawal dari saluran cerna. Sebagai penderita maag, terasa banget area perut itu adalah pusatnya tubuh. Ketika saluran cerna bermasalah, dari ujung kepala hingga ujung kaki rasanya menjadi tidak seimbang.

Harus banyak belajar lagi nih saya mengenai FOS GOS dan mikrobiota. Terima kasih sharing-nya, ya.

Nufa Zee mengatakan...

Nutrisi terbentuk dari pola makan yang sehat wah noteable yah, apalagi di masa pandemi gini, kudu mikirin nutrisi makanan, agat stay healthy

Mechta mengatakan...

Trmksh sharingnya mba..jadi ikut belajar ttg nutrisi yg tepat yg dapat menunjang imunitas tubuh kita..

andyhardiyanti mengatakan...

Kalau nutrisinya terpenuhi, Insya Allah imunitas anak akan terjaga serta tumbuhnya pun akan lebih optimal yaa..

Naqiyyah Syam mengatakan...

Benar banget Mbak kita perlu menjaga imunitas anak dan kesehatan anak itu sendiri karena masa pandemic ini membutuhkan imunitas agar tetap sehat

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Penting banget buat ibu dan calon ibu mengenai nutrisi ini ya Mba Mirza
Soalnya kalau nutrisi anak ga dicukupi pertumbuhannya kan jadi kasihan

lendyagasshi mengatakan...

Keren banget webinar yang menambah pengetahuan Bunda mengenai imun dan bagaimana menjaga imunitas anak.
Paling penting tuuh...karena ini masa pandemi. Semuanya jadi serba di jaga.

Yurmawita mengatakan...

Musti nih dapat ilmu begini karena namanya kesehatan harus selalu kita upayakan untuk keluarga.

Siti Nurjanah mengatakan...

sistem imun itu begitu penting dalam memberikan perlindungan dari pengaruh luar seperti nfeksi bakteri dan virus. Apalagi bagi anak di masa pertumbuhan. Sesi sharing informasi yang bermanfaat dengan berbagai materinya

www.derisafriani.xyz mengatakan...

Setuju Mbak. Kalaupun sudah mengerti, tapi asupan ilmu seperti ini bisa jadi mengingatkan sekaligus menyemangati kita kembali.

Marantina mengatakan...

Berharap bisa ikutan webinar bagus seperti ini lagi dari Nutriclub ya.. Materinya mendalam, soalnya :)

Annisa biru mengatakan...

Dapet ilmu baru nih dari blog moms mirza yang udah ikut webinar. Imun tubuh bener-bener penting untuk anak yang sedang bertumbuh kembang ya mom

ms.prims mengatakan...

Asupan nutrisi buat Kita konsumsi ternyata penting banget ya mba, terlebih lagi skrg lagi pandemi corona semoga daya tahan tubuh Kita bisa kuat yaaa..

Mugniar mengatakan...

Nutrisi untuk imunitas, kunci utama tumbuh kembang optimal ... iya benar, saya pernah mendapatkan pencerahan ini juga dari sebuah seminar. Penting ya menjaga asupan makanan anak dan kesehatan saluran cernanya.

Melina Sekarsari mengatakan...

Belakangan mendengar mengenai mikrobiota, aku jadi ingin menghubungkan dengan prebiotik. Samakah itu? KAlau asupan tersebut kita peroleh dari produk yang katanya mengandung prebiotik bagus nggak, ya?

Emma Malika mengatakan...

Aku juga selalu concern dengan saluran cerna mbak, karena klo dia oke dan lancar maka metabolisms tubuh kita juga sehat

Tukang Jalan Jajan mengatakan...

Kebutuhan nutrisi emang penting sekali kaya masa tumbuh kembang ngga bisa diulang lagi, jadi kudu beneran diperhatikan bener bener

Amelia Pratami mengatakan...

Probiotik memang penting untuk saluran cerna anak. Seperti anakku yang perutnya kembung karena pencernaannya kurang baik, langsung diresepin probiotik dari produk susu oleh DSA nya.

Raja Lubis mengatakan...

Iya ya, kesehatan saluran cerna itu penting banget. Sekarang saja saya juga lebih hati-hati lagi dalam mengonsumsi makanan.

Zeneth Thobarony mengatakan...

Pencernaan mah emg sumber. Makanya kalau apa2 jangan liat obat dulu, tapi liat input makanan hehe

Yudha mengatakan...

Sepakat banget dengan artikel yang kakak buat karena saat ini imunitas menjadi hal yang sangat penting dan utama karena di kondisi ini sangat dibutuhkan apapun yang menguatkan imunitas kita

Okti Li mengatakan...

Orang tua jaman dulu selalu mewanti wanti awas sakit perut, padahal itu maksudnya termasuk pencernaan. Karena memang saluran pencernaan ini sangatlah penting ya

Ratna Kirana mengatakan...

Sebagai mommy memang harus nambah ilmu terus yaah, kali ini tentang nutrisi untuk imunitas, mantap

Triani Retno A mengatakan...

Hari biasa aja masalah imunitas perlu jadi perhatian. Apalagi di masa pandemi kayak sekarang ya. Penting bangetttt. Nggak cuma buat anak kecil tapi juga buat anak yang udah remaja plus tentunya kita juga :)

Fenni Bungsu mengatakan...

Pengaruh kesehatan saluran cerna sangat berdampak ya untuk tumbuh dan kembang anak.

lrdailyroutine mengatakan...

nutriclub emng nggak pernah kehabisan ide buat ngedukasi masyarakat ttg pentingnya nutrisi ya mba. apalagi emang nutrisilah yg membantu imunitas kita terjaga dgn baik.

Andiyani Achmad mengatakan...

Imunitas anak perlu dijaga dengan baik dengan memberikan asupan nutrisi tepat

Nia K. Haryanto mengatakan...

Iya banget, imunitas anak, apalagi di masa kayak sekarang, kudu banget deh ditingkatkan. Supaya anak gak gampang sakit. Susu bisa jadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan imunitas anak ya.

Pringadi mengatakan...

Memang sekarang kudu banget menghitung asupan nutrisi terutama buat anak
Ga sembatangan ngasih makan asal kenyang doang

Susi Susindra mengatakan...

Gaya hidup dan pola nutrisi sangat bagus dalam membentuk imunitas anak. Selain membiarkan ia eksplorasi di alam.
Jadi selain benteng dikuatin, dilatih dengan serangan-serangan kecil dari alam sekitarnya

steffifauziah mengatakan...

bener banget kalau imunitas baik pasti kembang tumbuh anak juga baik. karena imunitas baik anak-anak lebih aktif dan cerdas serta enggak mudah sakit. makasih mba sharingnya, keren.

Dhestianaicetea mengatakan...

Menjaga imunitas anak dan meningkatkan imunitas anak emg penting bgt, apalagi dmasa skrg

Marantina mengatakan...

Kalau pencernaan anak lancar, nutrisi bisa lebih terserap dan imunnya makin bagus memang ya, mom

Emma Malika mengatakan...

Iya ya imun tubuh itu untuk kekuatan kita dalam menghadapi kondisi apapun dan memang asupan gizi yang baik sangat di butuhkan.

Gita Siwi mengatakan...

Nutrisi jangan abai deh karena jadi pertahanan badan juga buat melawan kondisi sekitar ya seperti saat ini aja

Auda Zaschkya mengatakan...

Sharingnya sungguh bermanfaat sekali. Sayangnya masih banyak yang abai ttg imunitas.

Michella mengatakan...

Makasih infonya bunda, jadi imun itu perlu juga ya buat maintain kesehatan dikala pandemi covid19 ini hehe.

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Dari sejak dilahirkan anak dapat imunitas dari ibunya melalui bakteri yang terdapat pada jalan lahirnya (kalau anak lahir secara per vaginam). Cuma nutrisi dari asupan juga dibutuhkan seiring tumbuh kembang anak.

Rika Amelina mengatakan...

Bener, saluran cerna itu ngaruh bgt sih ke imunitas tubuh. Makanya harus dijaga banget ya, apalagi anak2

Yurmawita mengatakan...

Saya suka cemas di masa Pandemi ini, apa apa mesti memperhatikan makan nya anak anak karena mereka sangat rentan dengan virus dari luar ya

Milda Ini mengatakan...

wah, get new knowledge was visit your blog, your review is good, thanks you

Nyk Mlg mengatakan...

Wajib lah para ortu untuk perhatikan nutrisi anak-anak. Sebab dgn memberi nutrisi yg baik auto imun tubuh sehat dan terjaga yes


lendyagasshi mengatakan...

Imunitas setiap anak memang berbeda-beda yaa, kak...tergantung riwayat lahirnya gimana, bisa jadi salah satu faktor.
Namun, dengan asupan gizi yang tepat, alhamdulillah...anak-anak tetap tumbuh dengan normal.

Marfa Umi mengatakan...

Nutrisi dan imun kedua hal yg nggak bisa terpisahkan ya, jadi harus imbang jangan hanya nutrisi saja namun juga imun terutama pd tumbuh kembang anak

Farahdjafar mengatakan...

Bagus banget informasinya dan lengkap lagi jadi buat info mengenai Caesar gitu