Sabtu, September 22, 2018

Tempo X Jasa Raharja : Mengenal Lebih Dekat Jasa Raharja "Kepedulian Kita, Bantu Sesama"

Dear para pembaca blog,

Rabu minggu ini, 19 September 2018, aku & teman-teman blogger diundang Tempo & Jasa Raharja. Acaranya bertema Mengenal Lebih Dekat Jasa Raharja "Kepedulian Kita, Bantu Sesama", diadakan di Paradigma Cafe, tepatnya di bilangan Cikini, persis sebelah stasiun Cikini. Registrasi dimulai jam 15.00. Acara sendiri baru dibuka jam 16.00. Blogger yang diundang sebagai peserta berasal dari berbagai macam blogger. Ada yang blogger otomotif, travelling, lifestyle, dll. 













Sebelum acara dimulai, peserta registrasi. Tiap peserta mendapatkan flyer yang isinya tentang Jasa Raharja. Peserta juga langsung dipersilahkan coffee break karena panitia sudah menyediakan berbagai macam kue + minuman untuk dinikmati.













Acara dibuka oleh MC cantik Kak Desy Indira dari pihak Tempo yang membagi cerita sekilas tentang Jasa Raharja. Lalu berlanjut dengan sesi utama yaitu berbicara santai  dengan narasumber dari pihak Jasa Raharja : Pak Harwan, sekretariat perusahaan.











Di sesi ini, Pak Harwan berbagi detail lengkap tentang Jasa Raharja. Jasa Raharja adalah asuransi sosial milik negara dengan kegiatan utama melaksanakan asuransi kecelakaan penumpang alat angkutan umum dan asuransi tanggung jawab menurut hukum terhadap pihak ketiga sebagaimana diatur UU No. 33 dan 34 tahun 1964. Kunci kecepatan pembayaran santunan Jasa Raharja adalah sinergitas kerjasama dengan stakeholder strategik. Jasa Raharja sudah mempunyai sistem online IRSMS dengan kepolisian yang harus diproses paling lama 2x24 jam.











Jasa Raharja mengcover asuransi penumpang trasportasi umum seperti kereta, pesawat, bus, dll. Besaran santunan untuk korban kecelakaan yg dirawat sebesar Rp 20.000.000 & untuk koran yang cacat tetap / meninngal sebesar Rp 50.000.000 (sesuai PMK No. 15 & 16 tahun 2017) dengan premi asuransi sangat murah yaitu sebesar Rp 6.000 untuk pesawat / Rp 50 untuk bus. Premi itu sudah termasuk di dalam tiket resminya sendiri tanpa tambahan biaya lain. Bagi pemilik kendaraan bermotor ikut berkontribusi dalam pajak untuk membantu masyarakat mendapatkan santunan jika terjadi kecelakaan.  Inget transportasi umum yang resmi ya.  Transportasi umum resmi / kendaraan pribadi yang tidak punya SIM / STNK juga terjamin asuransi kecelakaannya. Kalau buat ojek online, Jasa Raharja tidak mengcover asuransinya kecuali ojek online itu ditabrak oleh transportasi umum. Secara Undang Undang, ojek motor bukanlah angkutan umum, sehingga kalau ada kecelakaan tunggal maka tidak dijamin oleh undang-undang. Yang ditanggung Jasa Raharja itu adalah manusia yg menjadi korban kecelakaan bukan kendaraannya ya. Jadi jika ada kecelakaan, kendaraan rusak parah tapi penumpangnya aman maka itu tidak ditanggung Jasa Raharja. Pada prinsipnya Jasa Raharja bukanlah asuransi kendaraan, tapi asuransi jiwa sehingga yang ditanggung adalah jika ada luka-luka atau korban jiwa.







Nah buat yang terkena kecelakaan / yang melihat adanya kecelakaan, gampang banget nih prosedur klaimnya, kalian tinggal lapor ke kantor polisi / lapor ke rumah sakit terdekat, selanjutnya biar Jasa Raharja yang bekerja. Korban kecelakaan yang punya BPJS jauh lebih gampang ngelapornya, tinggal ke kantor polisi / RS terdekat bisa ajuin secara online, follow upnya 1 x 24 jam.. Jasa Raharja sudah bekerja sama dengan 2500 rumah sakit dan polisi untuk memproses proses klaim hak perlindungan gratis tanpa pungli.  Laporan juga bisa lewat akun sosial media / langsung telp call centernya.  Untuk pembayaran santunan kini sudah cashless bekerja sama dengan BRI dan akan ditambah bank lainnya untuk mempermudah korban. Hak santunan akan gugur jika permintaan yang diajukan sudah lebih dari 6 bulan dari waktu kecelakaan terjadi & tidak dilakukan penagihan dalam waktu 3 bulan setelah klaim disetujui oleh perusahaan.















Data statistik yang sudah ditolong Jasa Raharja selama 3 tahun terakhir ini cukup banyak dengan jumlah santunan yang banyak loh jadi membantu banget kan. Kinerja jasa raharja dalam memberikan santunan rata-rata 1 kan lebih cepat dibanding asuransi swasta.







Buat yang ga pernah terkena kecelakaan, eits jangan negatif dulu uang premi yg kita kasih kemana. Jasa Raharja mengembalikannya ke negara, bentuknya berupa investasi di sektor produktif, program bina lingkungan, program pencegahan kecelakaan, pajak, hibah ke daerah, dll.






Program pencegahan kecelakaan ini meliputi sarana operasional, pelatihan penanganan korban kecelakaan, sarana evakuasi korban, khususnya momen mudik bareng yang diadakan tiap tahun, Jasa Raharja menyediakan bus besar buat mudik karena warga pas mudik terbesar itu banyak pengguna motor & Jasa Raharja berkomitmen mengurangi mudik dengan motor. Jasa Raharja pun sudah bekerja sama dengan banyak kampus untuk melakukan pelatihan safety riding. Jasa Raharja sangat tidak ingin bertemu warga saat terjadi kecelakaan, makanya Jasa Raharja terus berupaya menurunkan angka kecelakaan di Indonesia.







Jasa Raharja sudah menjangkau sampai pelosok di Indonesia. Jasa Raharja memiliki 29 kantor cabang, 63 kantor perwakilan dan 67 Kantor Pelayanan Jasa Raharja (KPJR), dan 1.285 SAMSAT yang tersebar diseluruh Indonesia. Kantor utamanya di H.R. Rasuna Said Jakarta Selatan.






Untuk makin meminimalisir kecelakaan, pihak Jasa Raharja menggandeng blogger & warga karena Jasa Raharja ga bisa bergerak sendiri & menyebarkan info detail tentang Jasa Raharja. Jujur, aku sendiri baru tahu loh Jasa Raharja dari acara ini. Selain itu, Jasa Raharja mempunyai sosial media (IG, FB & Twitter), call center & SMS.





Setelah penjelasan Pak Harwan, ada sesi tanya jawab, tanya jawab dibuka untuk 3 orang dengan pertanyaan seputar Jasa Raharja.





Acara ditutup dengan foto-foto dan makan malam bersama. Makan malamnya berupa makanan berat yaitu nasi + lauk pauk + sayur + es buah. Tak lupa pula, pemberian goodie bag dari Jasa Raharja berupa totebag + buku.








Wah seneng banget deh pas acaranya. Terima kasih banyak Tempo & Jasa Raharja. Semoga ada acara talkshow / event lagi. Ditunggu event selanjutnya dengan kejutan yang lebih seru lagi.





Kalian yang baca blog bisa loh turut membantu Jasa Raharja. Caranya gampang : cukup menyebarkan info bermanfaat ini terutama tentang detail Jasa Raharja, baik di sosial media, chat maupun lewat hal kecil kaya kasih info ke orang tersayang. Yang mau nanya-nanya lebih lanjut bisa banget, langsung kontak Jasa Raharja ya.

>> Kontak Jasa Raharja
Facebook : PT Jasa Raharja
Twitter : @pt_jasaraharja
Instagram : @pt_jasaraharja
Call Center : 15000 20
SMS Center : 0812 10 500 500
Aplikasi : Jasa Raharja
Youtube : PT Jasa Raharja Persero
Website : www.jasaraharja.co.id












 Buat nambah semangat aku nulis blog, bisa loh share article ini di G+ atau sosmed kalian.
Yang mau komen juga boleh banget. Kritik & saran berguna banget buat lebih baik lagi.
Terima kasih sudah membaca blog ini.
Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.
Have a amazing day & don't forget to smile !!

Love,
Mirza 


Please don't copy & paste photo without permission.
Contact me if u want my article/photo !!
Copyright of mirzapradita.com
Posting Komentar