Rabu, September 26, 2018

Internet Baik : Dukungan Telkomsel Terhadap Peningkatan Kualitas Masyarakat

Dear para pembaca blog,

Telkomsel sebagai provider komunikasi terbesar di Indonesia sangat memperhatikan masalah sosial yang terjadi, khususnya di bidang pendidikan. Oleh karena itu, Telkomsel terus berupaya mengurangi berbagai macam masalah yang terjadi dalam bidang pendidikan di Indonesia melalui program CSR nya. Salah 1 program CSR nya adalah Internet Baik.

photo from Googling Internet Baik


Telkomsel melihat tingginya angka digital native dari kalangan anak-anak dan remaja sehinggan perlu melindungi mereka dari dampak negatif internet seperti game online, hate speech, cyber bullying, dll.

photo from Googling Internet Baik

Telkomsel juga melihat internet menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan di zaman sekarang. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari internet dan membuat hidup jadi lebih mudah.  Banyak pula konten negatif yang tidak sesuai norma dan etika. Untuk mencegah konten negatif yang bisa mengakibatkan hal negatif, maka Telkomsel harus menghentikannya.

photo from Googling Internet Baik

Internet Baik sendiri kepanjangan dari penggunaan internet yang bertanggung jawab,aman, inspiratif dan kreatif. Tujuannya untuk menciptakan ekosistem digital yang positif dan konstruktif.

Internet Baik merupakan program CSR dari Telkomsel bagian kewarganegaraan digital yang dimulai dari tahun 2016 karena Telkomsel menyadari bahwa pondasi terpenting dalam pendidikan itu karakter manusia. Sebelum terwujudnya smart village / smart country, maka manusianya harus smart dulu.

photo from Googling Internet Baik

Telkomsel menggandeng Kementrian Komunikasi dan Informatika. Bekerjasama dengan beberapa lembaga dalam mensukseskan program Internet Baik. Yayasan Kita Dan Buah Hati untuk yang berhubungan dengan isu keluarga dan pengasuhan anak. Selain itu, Telkomsel bekerjasama dengan ICT Watch (organisasi penggagas "Internet Sehat")  dan Kakatu untuk memproteksi dunia digital anak agar terhindar dari kecanduan gadget, game online serta konten negatid lainnya yang adad di dalam internet. Telkomsel juga mengajak kerjasama pemerintah dengan membuat gerakan Agen Perubahan Informatika (API) untuk menjadi garda depan dalam pendidikan internet.

photo from Googling Internet Baik

Target sasaran Internet Baik adalah anak-anak SD, SMP, SMA, guru dan orang tua dengan melibatkan banyak pihak seperti pemerintah, komunitas, startup, netizen.  Kegiatan Internet Baik berupa workshop, talkshow, gerakan sosial, kampanye digital, joint project dan meet up.

Dari 2016 pencapaian program Internet Baik sudah menjangkau 27 kota di Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua, yang melibatkan 84 sekolah, 6.795 murid, 5.879 orang tua / guru / komunitas dan 1.630 duta Internet Baik.

photo from Googling Internet Baik
photo from Googling Internet Baik


Internet Baik diharapkan hadir sebagai role model dan acuan bagi pendidikan digital di Indonesia. Melalui konsep Digital Citizenship Education (DCE), Internet Baik bisa diterapkan oleh semua pihak baik orang tua, guru maupun komunitas pendidikan / digital, karena meliputi 4 aspek : Kesadaran Perilaku Digital, Hak Ases Informasi Digital, Keselamatan Digital, Konten dan Kreatifitas Digital.

photo from Googling Internet Baik

photo from Googling Internet Baik

Penggunaan internet yang bertanggung jawab yaitu menggunakan internet sesuai dengan norma dan etika yang berlaku. Penggunaan internet yang aman yaitu pengguna terlindungi dari segala kejahatan atau dampak buruk lainnya dari internet. Penggunaan internet yang inspiratif yaitu menggunakan internet untuk hal-hal yang positif untuk menambah kualitas pengguna serta menyebarkan hal-hal positif itu untuk orang di sekitarnya. Penggunaan internet yang kreatif yaitu  menciptakan ekosistem digital yang produktif untuk wadah meningkatkan daya cipta dan kreasi bermanfaat bagi masyarakat. Jika nantinya Internet Baik berjalan lancar, maka akan meningkatkan kulitas dan berdampak besar buat bangsa.

photo from Googling Internet Baik

Lewat Internet Baik, Telkomsel menghadirkan seperangkat navigasi dan panduan yang digunakan pengguna internet untuk mengambil sebesar-besarnya manfaat dan membuang semua dampak buruknya. Perangkat navigasi dan panduan ini sesuai dengan norma dan etika yang berlaku serta melibatkan pemahaman tentang resiko bahaya internet sehingga nantinya akan terbentuk kesadaran sendiri dari pengguna internet.

photo from Googling Internet Baik

Lewat Internet Baik pula pengguna internet lebih menahan diri, meneliti kembali setiap info / berita  sebelum menyebarkannya lagi dan melakukan kritik positif dengan bahasa yang baik yang tidak melanggar etika / norma karena setiap yang tersebar di internet akan memiliki konsekuensi.

photo from Googling Internet Baik

Semoga Telkomsel dengan Internet Baiknya bisa selalu aktif dan menyebarkan kebaikan.


 Buat nambah semangat aku nulis blog, bisa loh share article ini di G+ atau sosmed kalian.
Yang mau komen juga boleh banget. Kritik & saran berguna banget buat lebih baik lagi.
Terima kasih sudah membaca blog ini.
Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.
Have a amazing day & don't forget to smile !!

Love,
Mirza 


Please don't copy & paste photo without permission.
Contact me if u want my article/photo !!
Copyright of mirzapradita.com
Posting Komentar