Kamis, Desember 14, 2017

Temu Tokopedia Seller : Workshop Deskripsi Produk

Dear para pembaca blog,


Minggu kemarin, tepatnya hari Selasa, aku beraniin diri buat ikut seminar di kantor Tokopedia Tower, adanya di daerah Ciputra World Kuningan. Seminarnya tentang "Tingkatkan Penjualan dengan Deskripsi Produk yang Menarik & Jelas", kali ini Tokopedia kerja sama dengan Penulis id (Penulis id itu yang punya usaha di bidang jasa penulisan, khususnya e-commerce & blog).






Seminar dari Tokopedia buat seller sih rutin diadakan, biasanya tiap Rabu malam, mulai jam 19.00, jam habis pulang kerja banget kan ya. Yang dateng pun kebanyakan seller yang masih ngantor. Tempatnya pun selalu di Tokopedia Tower.

Nah kemarin itu dapet info dadakan, hari Senin kalau ga salah dapetnya dari grup seller Tokopedia, dadakan banget ya kan adminnya kaya tahu bulet digoreng dadakan. Pas dapet infonya, langsung deh daftar.Selain karena topiknya, pingin liat langsung kantor Tokopedia kayak gimana sih, kenalan sama seller + staff Tokopedia.

Hari H seminar, perjuangan banget tuh dari rumah di daerah Kebon Jeruk sampai Kuningan, bukan karena hujan sih, macetnya itu loh luar biasa. Ga biasa keluar rumah abis jam kantor soalnya. Eh kemarin keluar rumah abis jam kantor langsung shock terapi. Udahlah dapet ojeknya lama, di jalanpun macet. Perjalanan makan waktu 1 jam lebih.

Jam 19.30 baru sampai Tokopedia Tower, langsung buru-buru ke tempat seminarnya di Lantai 51, tinggi banget asli, saking tingginya di atas ga ada sinyal, cuma ngandelin wifi Tokopedia.





Dateng langsung registrasi. Isi nama, email, Tokopedia username sama no. HP. Setelah isi data, staff Tokopedia kasih notebook + pulpen + snack + sticker.



Masuk tempat seminar, berasa masuk kaya tempat konser / tempat nonton bola, yang makin lama makin naik, tetep dengan nuansa Tokopedia yang serba hijau-hijau + di tiap undakan ada colokan listrik buat charger. Akhirnya nyari tempat duduk paling enak yaitu di paling atas.



Untungnya pas dateng ga ketinggalan materi banyak. Masih bisa nyambunglah. Topiknya tentang "Deskripsi Produk". Materinya dibawain ringan sih & narasumbernya blak-blakan kasih tahunya.



Deskripsi produk ini paling penting buat suatu produk karena biasanya yang diliat pertama kali itu ya deskripsi produknya khususnya Judul Produk. Biasanya sih judul produk ini buat kata kunci kalau iklan di dalam e-commerce nya. Sayangnya, banyak yang nulis deskripsi produknya asal banget, kaya cuma beberapa kata gitu, padahal biasanya e-commerce kasih banyak karakter huruf buat nulis sejelas-jelasnya.




Untuk judul produk, Tokopedia sediain 70 karakter kata buat nulis judul yang menarik. Nah disini paling banyak yang asal nulisnya, kadang cuma 1 kata. Harusnya dimaksimalkan saja. Bisa nulis nama produknya, merk produknya, dll. Eits ingat jangan tulis angka yang kayak kode-kode di baju gitu ya,ga bakal dicari orang soalnya.

Untuk deskripsi produk, seller bisa bikin kata-kata yang panjang. Deskripsi yang jujur & menarik, tapi jangan sepanjang nulis novel juga. Yang penting poin-poin dari produknya dapet, contoh kalau baju tulis ukuran, bahan, harga, dll. Narasumber bilang yang agak susah itu kalau produknya buku. Kalau buku, kita bisa kasih sedikit sinopsisnya aja / rangkumannya, tapi tetep dibuat penasaran biar orang mau beli bukunya.



Setelah penjelasan dari narasumber, ada sesi tanya jawab & games. Tanya jawab biasanya dibatasin 5 orang karena waktunya sempit. Games nya sendiri kemarin disuruh nulis deskripsi yang menarik dari 1 foto, yang menang dapet penulisan gratis 3 produk dari narasumbernya.




Awalnya ngira bakal bete di seminar seller Tokopedia, ternyata ga sih, malah ga berasa jamnya. Fun sih. Malah banyak seller yang nanya-nanya selesai acara.

Makasih Tokopedia & Penulis id buat seminarnya Selasa kemarin, sangat bermanfaat. Ditunggu loh undangan seminar seller berikutnya.


 Buat nambah semangat aku nulis blog, bisa loh share article ini di G+ atau sosmed kalian.
Yang mau komen juga boleh banget. Kritik & saran berguna banget buat lebih baik lagi.
Terima kasih sudah membaca blog ini.
Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.
Have a amazing day & don't forget to smile !!

Love,
Mirza 


Please don't copy & paste photo without permission.
Contact me if u want my article/photo !!
Copyright of mirzapradita.com

Posting Komentar