Rabu, Februari 21, 2024

Mustela, Rahasiaku Lindungi Kulit Si Kecil


Hola hola,

Sebagai mom, sejak punya anak rasanya selalu bahagia. Tiap hari selalu bareng anak dan  melihat pertumbuhan anak. Ada saja tingkah lucunya yang bikin bahagia. Di samping itu, selalu ada rasa cemas juga. Cemas karena kulit anak masih sensitif sehingga butuh ekstra perlindungan. Kalau tidak ekstra perlindungan, pasti ada saja masalah kulit yang terjadi. Mulai ruam popok, biang keringat, dll. Masalah kulit ini sangat rentan terjadi di usia 0-2 tahun loh . 




Karena tahu kulit anak masih sensitif, skincare untuk anak pun harus teliti, tidak boleh salah pilih. Karena itu skincare anak, aku percayakan ke Mustela. Selain skincare yang tepat, aku terus cari banyak ilmu. Ilmu parenting terutama ilmu soal merawat anak yang kulitnya masih sensitif.  Aku juga suka ke event khusus anak, biasanya ke event buat cari ilmu sekaligus belanja kebutuhan anak. Salah satu event khusus anak yg suka aku datengin itu Wikibex.




WIKIBEX 2024


Awal Februari kemarin Wikibex diselenggarakan lagi. Tanpa pikir panjang, aku langsung datang saja. Aku kesana pas weekend, ajak suami sama anak, sekalian family time. Wikibex (Wholesale International Kids Baby Expo Festival). Diikuti oleh kurang lebih 150 brand produk perlengkapan kebutuhan maternity, baby dan kids. 




Booth Mustela di WIKIBEX 2024


Begitu masuk pintu utama area WIKIBEX, saya langsung ketemu booth Mustela. Boothnya Mustela gede banget. Boothnya didesain estetik yang nyaman bikin orang betah lama-lama di dalam. Desain boothnya ala natural, menunjukkan kalo Mustela dibuat dari bahan kandungan alami.








Produk-produknya ditata rapi dan ada keterangannya, sehingga mudah mencari produk yang kita butuhkan. Produk-produk Mustela sangat lengkap, mau cari produk Mustela apa saja ada.




                                       




Talkshow Mustela di WIKIBEX 2024


Talkshow Mustela yang mulai jam 16.00 di main stage, menghadirkan narasumber Dr. Melia Yunita, M.Sc, Sp.A, biasa dipanggil Dr. Lia, didampingi  wakil dari team Mustela, Titania. Tema talkshow : ”Tips cegah & atasi ruam popok serta biang keringat si kecil”. Sesuai banget dengan yang aku butuhkan.





                                                               





Menurut Dr. Lia, kulit bayi & kulit dewasa sangat berbeda. Kulit bayi, khususnya bayi usia 0-2 tahun,  lebih halus & lembut daripada orang dewasa. Bahkan, secara umum bayi memiliki kulit yang sangat sensitif, bersifat unik, lebih kering. Pada dasarnya, struktur kulit bayi 30 persen lebih tipis dibandingkan orang dewasa. Kulit bayi mudah kehilangan kelembapan & belum kuat menghadapi faktor dari luar.


Karena kulit bayi sangat sensitif & lebih tipis, berarti bayi lebih rentan terhadap iritasi maupun kulit kering. Sebanyak 50%-60% bayi pernah mengalami iritasi. Iritasi pada kulit bayi ada berbagai macam. Ada ruam popok, alergi, biang keringat, dll. Dan, yang paling banyak terjadi itu ruam popok serta biang keringat. Ruam popok biasanya di daerah nappy. Biang keringat biasanya di daerah lipatan leher.





                                          





Kulit bayi cenderung kering karena tingkat penguapan air pada kulitnya cenderung tinggi. Kulit bayi sendiri memiliki banyak stem cell (sel punca). Stem cell bermanfaat untuk regenerasi kulit si kecil di masa yang akan datang. Sayangnya, stem cell ini mudah sekali hilang. Karena itu, penting banget jaga & lindungi lindungi kulit bayi dengan menggunakan produk skincare yang tepat.


Untungnya ada produk yang tepat, seperti Mustela. Mustela memiliki rangkaian skincare yang pas buat kulit bayi sehingga bisa jaga & lindungi kekayaan stem cell anak. Di sesi talkshow, Mba Titania menjelaskan produk Mustela yang bagus buat jaga & lindungi kekayaan stem cell. Penjelasannya detail & mudah dipahami, sehingga saya bisa mencernanya baik-baik untuk dipraktekkan pada si kecil.  Nanti di akhir artikel ini akan saya share ya, biar Moms semua bisa tahu bagaimana merawat kulit si kecil dengan tepat menggunakan produk yang tepat.





                                           





Talkshow diakhiri dengan sesi tanya jawab & foto bersama. Yg ikutan talkshow banyak sampe penuh kuotanya.





                                              




Mustela



Sebelum menceritakan produk Mustela yang saya pakai, saya akan share sedikit tentang Mustela ya, Moms. Mustela itu brand skincare anak, merupakan brand asal Eropa. Sudah memiliki sertifikat B Corps. Ada sejak 1950, memproduksi produk perawatan kulit berasal dari bahan alami. Di Eropa, Mustela sudah jadi brand skincare ibu & bayi nomor 1.


Produk-produk Mustela telah melalui serangkaian riset berkelanjutan selama lebih dari 70 tahun. Melalui pengalamannya, Mustela melakukan penelitian untuk umur 0-2 tahun dan menghasilkan: E.V.E.I.L.S : EValuation of the Early Infant Life: the Skin. Sudah teruji klinis dibawah pengawasan dokter sehingga aman dipake ibu hamil & anak bahkan sejak hari pertama anak lahir.


Alasan pilih Mustela


Aku pilih Mustela karena punya banyak keunggulan. Keunggulannya :


- Bahan kandungannya alami & organik

- Sudah ada sejak 70 tahun lalu

- Selalu melakukan inovasi melalui riset yg lama

- Aman dipake ibu hamil & anak bahkan sejak hari pertama lahir

- Memiliki 4 rangkaian skincare untuk setiap jenis kulitnya

- Bebas alcohol, SLS, paraben & bahan kimia berbahaya lainnya

- Sudah teruji klinis & dermatologis

- Sudah hipoalergenik

- Menjamin kualitas, keamanan & peduli terhadap kondisi lingkungan


Selain banyak keunggulan, Mustela juga punya banyak pilihan produk.  Aku sudah mencoba banyak produk Mustela. Produk Mustela andalanku karena memiliki bahan kandungan utamanya Avocado Perseose. Andalanku untuk jaga & lindungi kekayaan stem cell kulit Si Kecil.


Avocado Perseose



Avocado Perseose hanya ada di Mustela karena sudah dipatenkan. Avocado Perseose itu dari Avocado organik yg ditanam di jantung Peru: di pantai Pasifik & di Andes Cordillera. Dari buah ajaib ini, diekstrak jadi Avocado Perseose, bahan aktif utama Mustela. Avocado Perseose memiliki struktur biometrik yg serupa dengan kulit bayi jadi bisa jaga & lindungi kekayaan stem cell kulit anak.


Dipilih karena punya 3 manfaat. Manfaatnya :


- Melindungi & menguatkan kulit bayi

- Melembabkan kulit bayi yg cenderung kering

- Menjaga kekayaan stem cell anak agar regenerasi kulitnya tetap terjaga sampai dewasa



Avocado Perseose ini ada di 3 produk Mustela. Sebelum kita bahas produknya, aku mau bahas soal ruam popok dulu., ini hasil materi dari aku ikut talkshow Mustela loh.


Ruam Popok


Ruam popok tergolong umum terjadi pada bayi. Ruam popok itu peradangan pada kulit bayi yg terjadi akibat kondisi lembap popok menutup kulit bayi. Sebagai akibat kurangnya sirkulasi udara & kondisi lembap tersebut, kulit bayi mengalami ruam. Hampir semua bayi yang memakai popok, pernah mengalami ruam.



Ruam popok harus diidentifikasi dulu penyebabnya. Ada banyak penyebab ruam popok. Penyebabnya :


- Tidak mengganti popok semalaman, males banget bangun kalau sudah tidur nyenyak & khawatir mengganggu kenyamanan saat bayi tidur.

- Mengganti popok lebih dari 4 jam sekali

- Tidak langsung mengganti popok begitu bayi selesai BAB

- Menggunakan popok yg kasar & tidak breathable sehingga kulitnya basah

- Bahan popok tidak cocok dengan kulit bayi



Penyebab ruam popok itu akan semakin parah jika dibiarkan, bahkan bisa sampai luka dan infeksi. Karena itu, sesuai dengan talkshow kemarin, saya mendapat ilmu baru tentang mencegah dan mengatasi ruam popok dengan metode ABCDE berikut ini:


A. AIR : paparkan udara sesering mungkin. Dalam sehari, kasih waktu untuk jeda bebas popok/diapers. 

B. BARRIER : memberikan barrier cream di area nappy dengan mengoleskan pada area nappy setiap kali mengganti popok dalam keadaan area nappy sudah bersih & kering, oleskan hingga terbentuk lapisan putih sehingga dapat lebih efektif untuk melindungi.

C. CLEANSING : rajin membersihkan area nappy si kecil menggunakan air bersih, bisa juga menggunakan cairan pembersih yg sudah teruji klinis aman buat bayi & menjaga stem cell + kelembaban kulit bayi.

D. DRY DIAPER : ganti popok sesering mungkin, minimal 2-3 jam sekali. Pilih popok/diaper ygukurannya sesuai, jangan kekecilan jangan kebesaran. Pilih juga popok yg cepat menyerap & berpori sehingga sirkulasi udara area nappy tetap terjaga.

E. EDUCATION : rajin mengedukasi diri mengenai merawat area nappy Si Kecil. Contohnya, mencuci tangan sebelum & sesudah mengganti popok agar mengurangi resiko terjadinya ruam popok.









Selain metode ABCDE, kita juga wajib memakai skincare yang tepat. Ada 2 produk Mustela yang bahan kandungannya Avocado Perseose, yakni : Mustela No Rinse Cleansing Water dan Mustela Barrier Cream 

 

Mustela No Rinse Cleansing Water








Mustela No Rinse Cleansing Water ini fungsi & penggunaannya sama kaya micellar water yang dipakai orang dewasa. Cleansing Water ini mampu membersihkan wajah, tubuh & area popok bayi dengan satu langkah mudah tanpa perlu dibilas. Tidak perlu dibilas lagi dengan air, tidak lengket & menjadikan kulit bayi terasa lembut dan segar. Menjadikan kulit lembut dengan aroma khas Mustela. Formulanya mengandung 98% bahan alami, vegan kemasan botolnya dapat didaur ulang.


Kalo lagi pergi & sulit mendapatkan fasilitas air untuk bebersih, No Rinse Cleansing Water mampu membersihkan & menyegarkan bayi dalam waktu singkat. Produk ini bisa jadi andalan saat bepergian. 





               









             





Bahan kandungan : 100% alami Avocado Perseose


Manfaat : membersihkan area wajah, badan & nappy area sekaligus melembutkan + melindungi kulit anak.


Packaging : botol plastik dengan tutup pump + pengaman di bagian pump-nya. Mudah digunakan + ga mudah tumpah


Tekstur : Cair. Saat dituangkan pas,  tidak bleberan. Mudah menyerap di kulit, ringan, tidak lengket


Wangi : Wangi khas Mustela jadi netral. Wangi tercium saat pertama kali isi keluar. Wanginya tahan lama setelah digunakan


Waktu penggunaan : setiap hari sesuai kebutuhan


Ukuran : 300 ml


Cara penggunaan : Sama seperti micellar water. Tuangkan secukupnya isi produk dari botolnya dengan cara pump ke tissue / kapas/ waslap. Seka area yg ingin dibersihkan dengan lembut. Biarkan sampai kering. Tidak perlu dibilas, dan hasil penggunaan : Bersih, lembut, segar, nyaman banget dipakai, praktis


Mustela Barrier Cream










Mustela Barrier Cream ini diaper cream / krim ruam popok dengan kandungan alami yg teruji klinis efektif, aman untuk mencegah, mengatasi iritasi, kemerahan akibat ruam popok. Barrier cream ini akan merawat area nappy anak setiap kali ganti popok, sejak bayi baru lahir.


Barrier Cream merawat kulit bayi mulai dari pemakaian pertama dengan cara meredakan kemerahan pada kulitnya dengan cepat. Produk ini dapat mencegah kemerahan di nappy area  setiap mengganti popok. Ini juga melindungi lapisan pelindung kulit bayi dengan efek jangka panjang.





                                                         




Krim ini mengandung 98% bahan alami dan manfaat dari kombinasi bahan aktif alami yang dipatenkan dan menjamin efisiensi tiga kali lipatnya. Sebelum diedarkan sudah teruji klinis ke 60 anak. Banyak dokter kulit & dokter anak setuju bahwa Barrier Cream memiliki manfaat dalam pencegahan. Orang tua setuju bahwa iritasi & kemerahan menjadi berkurang segera setelah pemakaian di hari pertama.





                                               





Bahan kandungan : 100% alami Avocado Perseose, Oxeoline of Alcacea, Sunflower Oil Distillate, Zinc Oxide


Manfaat : menguatkan kulit, menenangkan kulit yg kemerahan, memperbaiki barrier kulit yg rusak, mencegah ruam popok, 


Jenis kulit : cocok untuk semua jenis kulit, bahkan atopik sekalipun


Packaging : Tube plastik dengan tutup flip. Mudah digunakan + tidak mudah tumpah


Tekstur : Krim tebal, sehingga tidak mudah terhapus oleh urine dan feses. Saat dituangkan pas, ga bleberan. Mudah menyerap di kulit, tidak lengket


Wangi : Fragrance free


Waktu penggunaan : Gunakan setiap kali mengganti popok


Ukuran : 2 ukuran. 50 ml & 100 ml


Cara penggunaan : Tuangkan secukupnya isi produk. Gunakan di area nappy dengan mengoleskannya setiap kali mengganti popok dalam keadaan area nappy sudah bersih & kering, oleskan hingga terbentuk lapisan putih sehingga dapat lebih efektif untuk melindungi area nappy.  Hasil penggunaan : Lembab, lembut, nyaman banget dipakai, praktis.



Biang Keringat


Selain ruam popok, biang keringat juga sering terjadi pada Si Kecil, disebabkan adanya penyumbatan pada saluran keringat karena pori-pori kulit anak berukuran lebih kecil daripada orang dewasa & kelenjar keringatnya belum bisa bekerja secara optimal dalam mengeluarkan keringat. Biang keringat terjadi di pipi, leher, dada, punggung & daerah lipatan (ketiak, lutut, siku, selangkangan).  Biang keringat memicu timbulnya ruam, bintil-bintil kecil kemerahan dan terasa  gatal membuat anak jadi rewel.  




Ada banyak penyebab biang keringat. Penyebabnya : 

- Cuaca panas dan lembap

- Kelenjar keringat anak belum berkembang dengan sempurna hingga menghambat keluarnya 

  keringat dari pori-pori kulit

- Sirkulasi udara yang kurang baik hingga udara panas terjebak di dalam ruangan.

- Terkena infeksi bakteri Staphylococcus epidermidis di mana bakteri ini menghasilkan zat lengket pada 

  kulit & menyebabkan penyumbatan pada pori-pori

- Penggunaan salep atau krim yang dapat menyumbat kelenjar keringat

- Memakaikan pakaian berlapis-lapis / tebal pada anak–anak saat cuaca panas / lembap

- Aktivitas olahraga hingga tubuh mengeluarkan banyak keringat

- Kelebihan berat badan yang cenderung memicu biang keringat di daerah lipatan kulit


Meski bukan kondisi yang perlu dikhawatirkan, sebaiknya biang keringat cepat ditangani. Bukan hanya untuk kenyamanannya, tapi juga untuk mencegah terjadinya infeksi. Banyak cara mengatasi biang keringat yang dapat dilakukan. Caranya : 

- Pakai pakaian yang bahannya menyerap keringat

- Banyak minum air, jangan sampai dehidrasi

- Hindari penggunaan bedak

- Jaga suhu ruangan tetap sejuk

- Mandi air hangat

- Pastikan lipatan kulit dalam keadaan bersih

- Pakai krim khusus atasi biang keringat


Saat biang keringat terjadi, tidak boleh sembarangan pilih krim. Pilih krim khusus atasi biang keringat. Nah, Mustela punya produk yang bisa atasi biang keringat. Namanya Mustela Cicastela Moisture.



Mustela Cicastela Moisture








Mustela Cicastela Moisture itu krim untuk memperbaiki, melembapkan & menenangkan ketidaknyamanan pada kulit bayi & anak. Ideal digunakan sehari-hari di bagian kulit yang iritasi atau terkena biang keringat, bekas cacar air, bahkan untuk bayi baru lahir.





                                                    




Didesain khusus untuk kulit bayi yang kering & rapuh, formulanya dibuat dari campuran bahan aktif yang lengkap. Menenangkan dengan cara melembapkan & memperbaiki lapisan kulitnya. Sebelum diedarkan sudah teruji klinis ke 60 anak. Orang tua setuju bahwa krim ini dapat mengembalikan lapisan kulit bayi yang melemah & kulit bayi mereka menjadi lebih kenyal.





                                               





Bahan kandungan : 100% alami Avocado Perseose, Panthenol, Hyaluronic Acid


Manfaat : Meredakan biang keringat, bekas gigitan serangga, bekas cacar air


Jenis kulit : semua jenis kulit cocok khususnya kulit sensitif


Packaging : Tube plastik dengan tutup ulir. Mudah digunakan + ga mudah tumpah


Tekstur : krim tipis. Saat dituangkan pas, ga bleberan. Mudah menyerap di kulit, ga lengket


Wangi : Fragrance Free


Waktu penggunaan : Gunakan pada area yang kemerahan sesuai kebutuhan 2 kali sehari


Ukuran : 40 ml


Cara penggunaan : Tuangkan secukupnya isi produk. Oleskan di daerah yg kemerahan. Dapat diulangi sesuai kebutuhan. Hasil penggunaan lembab, lembut, nyaman banget dipakai, praktis







Nah kan, ga salah pilih 3 produk Mustela itu buat jaga & lindungi kekayaan stem cell si kecil. Untuk info lebih lanjut soal Mustela, kalian bisa langsung cek online Himalaya di :


- IG, Tiktok, FB, Youtube : @Mustelaindonesia


Produk-produk Mustela sudah bisa dibeli di offline maupun online. Offline di reseller resmi Mustela. Online di Official Store Mustela. Sudah tersebar produknya jadi mudah mencari.









Pakai & rasakan manfaatnya! Jaga & lindungi stem cell kulit anak dari sekarang pake Mustela.


                                                            Buat nambah semangat aku nulis blog, bisa loh share article ini di G+ atau sosmed kalian.

Yang mau komen juga boleh banget. Kritik & saran berguna banget buat lebih baik lagi.
Terima kasih sudah membaca blog ini.
Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.
Have a amazing day & don't forget to smile !!

Love,
Mirza 


Please don't copy & paste photo without permission.
Contact me if u want my article/photo !!
Copyright  mirzapradita.com


22 komentar:

Elvina Yanti mengatakan...

Wah, ilmu lagi nih.. berhubung belum punya anak, jodohnya juga beulm ketemu *curhat. Ini bakalan dicoba rekomendasiin ke temen atau sodara yang punya anak ah. Terima kasih infonya, Kak.

Resi Cute mengatakan...

Wah mustela ini brand bagus ni kak. Jaminan mutu kualitasnya. Aku tau karena pernah jadi merchandise atau hampers seleb kan ini

lendyagassi mengatakan...

Aku pernah banget alami bayi kena ruam popok, ka.
Rasanya sakit dan perih melihat kulitnya jadi terluka dan merah.
Dan waktu itu disarankan menggunakan Mustela dari apoteknya. Alhamdulillah bisa segera sehat dalam waktu kurang dari seminggu.

Juara banget rangkaian skincare bayi dari Mustela.

bu guru mengatakan...

Kadang suka parno pakai salep atau yang berbentuk cari gitu. Takutnya ngga kering mmalah jadi lembab. Kira kira cocok untuk semua jenis kulit bayi ngga yaa?

erykaditya mengatakan...

WOW banyak banget brand produk yang ikut serta dalam aca ini ya kak..pasti jadi bikin kalap ini para new mom hehe...

mustela juga keren yaa produkny alengkap banget untuk mengatasi ruam popok dan iritasi must have item ini buat yg punya baby :)

iputpj mengatakan...

Mustela bagus banget inovasinya memang diperuntukkan buat si kecil yang kulitnya sensitif ya . Ini kalo formula no fragrance no alcohol juga kayanya cocok di anaku

Nusantarakreatif.id | Putri Santoso mengatakan...

Kata teman-temanku, Mustela bagus banget buat baby yang kulitnya sensitif. Kebetulan anakku kulitnya sensitif kak. Jadi pengen coba Mustela buat creamnya

Indri mengatakan...

Wah komplit banget produk Mustelanya mom bikin baby makin nyaman dan memiliki kulit yang sehat karena berbahan alami

Fazirotul Firdaus mengatakan...

Mustela nih emang bagus banget ya?! Aku kok sering lihat brand ini seliweran dan banyak dipakai sama ibu-ibu buat anaknya. Temenku pas aku kadoin produknya Mustella buat anaknya juga happy banget­čść

Erin Herlina mengatakan...

Baru tahu Mustela sudah ada sejak 70tahun yang lalu. Tidak asing dengan produk Mustela, tapi kaget saja ternyata sudah puluhan tahun. Jadi, tidak perlu ragu pakai produk Mustela. APalagi yang khusus untuk bayi ini menggunakan bahan alami yang sehat buat kulit bayi, ya.

Nisa Novita Sari mengatakan...

ruam popok emang paling nyakitin anak. sejauh ini aku blum pernah ngerasain si. tapi bisa ga si ka untuk liputan leher yang merah-merah gtu

Aya Choiriyah mengatakan...

Dari kecil sampai sekarang anakku pakai produk dari Mustela Barrier Cream yang ngebantu banget buat ngatasin ruam popok

Anis Khoir mengatakan...

Sebagai ibu aku juga pernah mengalami si kecil terkena ruam popok yang cukup parah dan bikin worries sih
Untung sekarang ada Mustela ini ya mempermudah ibu-ibu mengatasi ruam popok pada bayi apalagi produk ini non alkohol

Fityah Nadhilah mengatakan...

bahan dan kandungan yang organik dari mustela ini emang paling cocok banget buat perawatan kulit bayi, aku juga pakai mustela apalagi anakku suka biang keringet

Ekarani Nopiyanti mengatakan...

Walaupun bisa di bilang mustela ini cukup pricey tapi kalau yg pakai anak sendiri dan kandungannya natural menurutku sih sebanding dan ttp worth it

OutBox mengatakan...

Wow, Mustela memang jadi pilihan terbaik untuk melindungi kulit si kecil! Produknya memang terkenal dengan kualitasnya yang tinggi dan formula yang lembut. Selalu senang melihat merek yang peduli dengan kesehatan kulit bayi.

Gieska mengatakan...

Si kecil yang sudah SD juga suka ada ruam di bagian punggung, apa produk ini juga cocok untuk anak diatas balita kak?

Meka NitKawasari mengatakan...

Selengkap ini produk Mustela ya. Makin lengkap. Bisa buat selain bayi gak sih mam? Buat kids gitu. Anakku kadang kulitnya kenapa-kenapa

Nur Dalilah Putri mengatakan...

Lengkap bgt emang produk Mustela aku juga pakai

Afrilentin mengatakan...

Kasihan banget kalau anak kena riaam popok atau biang keringat, bikin rewel, untungnya ada Mustela ya mba, skincare berbahan alami yg bisa ngatasin kedua masalah kulit itu❤️

arifa nuryani mengatakan...

Mustela emang produk andalan para ibu2 yaaa...
aku juga pake buat anakku

Uwien Budi mengatakan...

Mustela efektif banget buat atasi ruam popok dan biang keringat. anak-anakku cocok pakai ini