Senin, Oktober 25, 2021

Hoala Dan Koala Animasi Lagu Anak Terbaru Karya Lokal Yang Go International

Hola Hola,

Setuju ga sih makin kesini pilihan lagu anak makin sedikit? Kalian suka dengerin lagu anak ga? Biasanya dengerin lagu anak apa? Lagu anak jaman sekarang / lagu anak jaman dulu diputar lg? Kalian pernah denger lagu Hoala Koala ga? Hoala Koala Animasi Lagu Anak Terbaru Karya Lokal Yang Go International.




Lagu Anak Makin Minim Seiring Perkembangan Zaman


Dunia anak-anak itu dunia yang mencerminkan keceriaan & bermain. Jika zaman dulu ada Ibu Sud, Pak Kasur, Bu Kasur, dll yg produktif menciptakan lagu-lagu untuk anak-anak. Tahun 90-an bisa dikatakan sebagai era kejayaan lagu-lagu anak di Indonesia. Hampir semua stasiun TV memiliki acara yg menampilkan lagu-lagu anak. Lagu-lagu tersebut juga bisa kita dengar di radio maupun pusat-pusat perbelanjaan.

Dulu, setiap orang tua memiliki kebanggan tersendiri jika anak-anak mereka bisa menjadi penyanyi. Banyak sekali penyanyi cilik yang masih kita ingat namanya seperti: Trio Kwek-kwek, Tina Toon, Chikita Meidy, Maisy, Eno Lerian, dll. Seiring berjalannya waktu, para penyanyi cilik itu pun tumbuh besar & berhenti menyanyikan lagu-lagu anak. Sepertinya hampir tidak ada generasi penerus yg memiliki popularitas yang sama seperti angkatan sebelumnya. 

Perkembangan teknologi juga sedikit banyak menjadi penyebab terkikisnya lagu anak dari pasaran. Gencarnya tayangan televisi, mulai dari Sinetron hingga reality show mempengaruhi kehidupan anak-anak masa kini. Kebutuhan pasar akan lagu anak pun menurun dan lagu-lagu anak kehilangan popularitasnya.

Jika kita lihat di televisi sekarang ini, rasanya sulit menemukan lagu-lagu yang memang ramah didengar oleh anak. Para penyanyi cilik pun lebih senang membawakan lagu-lagu bertema dewasa, seperti pacaran, perselingkuhan, dll. Saat kita mengajak si kecil pergi ke mal / restoran, hampir semua toko memutar lagu-lagu yang tidak sesuai dengan perkembangan usia si kecil. Inilah yang membuat lagu-lagu anak sepertinya habis & penyanyi cilik yg menyanyikan lagu anak pun tak lagi laku.

Lagu Anak Masa Kini / Lagu Anak Jaman Dulu


Lagu anak jaman dulu punya banyak ciri khas. Lirik yg jenaka, simpel, begitu memorable membuat lagu jaman dulu sangat melekat di ingatan. Lagunya terinspirasi dari aktivitas harian. Lagu sederhana + lirik yg mudah diingiat, lagu-lagu itu bikin kita belajar menyenangkan seperti mengenalkan kita akan aneka macam makhluk di bumi, mengingatkan tentang rasa syukur, hingga kegiatan sehari-hari yang membahagiakan.
Lagu anak masa kini berbeda jauh dari lagu anak jaman dulu. Lagu anak masa kini punya banyak ciri khas. Lirik aman yg banyak ilmu, melodi ceria namun relevan dengan perkembangan zaman. Lagu dikemas berbagai genre musik, liriknya lebih berat, musiknya bikin semangat.
Manfaat Lagu Untuk Anak

Pada umumnya musik mempengaruhi perkembangan anak baik fisik maupun mental. Sama halnya ketika mengajar anak usia dini mulai dari rentangan usia 1-6 tahun, anak-anak akan lebih senang dan bersemangat untuk belajar ketika diajak untuk bernyanyi. Namun yg sangat disayangkan adalah anak-anak dijaman sekarang justru lebih senang untuk menyayikan lagu orang dewasa. Akan tetapi walaupun sekarang ini sudah jarang didapati lagu-lagu bertemakan anak, bukan alasan kita untuk tidak memperkenalkan lagu daerah ataupun nasional  pada anak.

Jadi mulailah mengenalkan lagu- lagu anak diusianya karena dapat memberikan banyak dampak positif. Manfaat lagu anak-anak antara lain:

1. Melatih fungsi otak
2. Mempengaruhi mood anak
3. Melatih anak berbicara
4. Bersosialisasi
5, Memberikan ketenangan pada anak
6. Belajar membaca, menulis, dan berhitung
7. Melatih kerjasama
8. Melatih kemampuan mendengar
9. Memaksimalkan diri anak

Hoala Koala Lagu Anak Masa Kini

Masa kini lagu didominasi oleh lagu dewasa. Jarang banget kita dengar ada lagu anak. Walau pilihan lagu anak masa kini dikit, tapi lagu anak masa kini juga banyak yg bagus. Lagu anak masa kini ada yg bagus seperti lagu anak jaman dulu. Salah satu lagu anak-anak terbaru yg bagus itu lagu dari Hoala Koala.

Latar Belakang Hoala Koala


Di era perkembangan teknologi, industri musik untuk lagu-lagu anak di Indonesia semakin lesu dan tersudutkan. Padahal, anak-anak sangat menggandrungi teknologi. Bahkan banyak generasi muda Indonesia yang lebih hafal musik idola barat yang sebagian liriknya sangat tidak cocok untuk mereka. Di tambah pula tidak ada lagi tokoh pengganti seperti Pak Kasur, Ibu Sud, Papa T Bob dan pencipta musik anak lainnya. Kebanyakan musik anak Indonesia juga mendapat perlakuan kurang istimewa dan tak serius dari sisi penggarapan sehingga kualitas yang dihasilkan dari kurang maksimal. Keadaan itu membuat CEO PT Amnar Awandi Kazoku Rendyadi Amnar mengaku prihatin. Rendy pun terpikir untuk menciptakan karakter untuk anak-anak dan pada tahun lalu, lahir lah animasi 3D bernama Hoala dan Koala.


Hoala Koala diciptakan pada tahun 2020, karena melihat lesunya perkembangan dunia musik anak di Indonesia. Karakter ini divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak jaman sekarang yang tumbuh dan berkembang di era digitalisasi. Lahirnya Hoala & Koala ini dilatar belakangi sebab melihat kebanyakan musik anak-anak Indonesia selama ini tidak pernah mendapat perlakuan istimewa dari segi penggarapan, oleh karenanya Hoala & Koala menggarap seluruh musiknya dengan serius dan matang.

Deskripsi Hoala Koala

Hoala Koala ini teman bermain baru untuk anak-anak Indonesia. Hoala Koala menyajikan banyak lagu anak-anak berbahasa Indonesia yang akan ditampilkan dalam bentuk animasi 3D.

Hoala merupakan seorang anak perempuan tunggal dari Amar Awandi (Ayah) & Nara Awandi (Ibu) yang gemar bernyanyi dan membaca buku. Hingga suatu hari, Miss Jeruk, seorang peri berbentuk jeruk, datang menghampirinya dan mengabulkan keinginan Hoala untuk membawa tokoh-tokoh hewan dari buku dongeng favoritnya ke dunia. Sejak saat itulah Koala selalu setia menemani Hoala setiap waktu, mulai dari bernyanyi, belajar, hingga makan bersama.


Ada sejumlah 12 karakter animasi yang tampil dalam Hoala dan Koala. Seluruh karakter yang ada di dalam animasi ini juga bisa bernyanyi sehingga anak-anak dan orang tua yang menonton bisa ikut bernyanyi.

Tokoh-tokoh yang ada di Hoala dan Koala adalah sebagai berikut:

Hoala Awandi

Koala

Miss Jeruk

Amar Awandi

Nara Awandi

Rubin (Rubah Pemalu)

Lincul (Ular Periang)

Burhan (Pesulap Burung Hantu)

Bu Aya (Guru TK)

Serigili (Serigala yang Sedih)

Om Pong (Macan Pemalu)

Om Bre (Singa Kpop)


Lagu Hoala Koala


Lagu-lagu yg ada di Hoala dan Koala dominan bernuansa Musik pop yang mudah untuk dicerna, tetapi juga memiliki banyak aliran musik lain seperti Jazz, Big band, akustik, dll. Saat ini sudah ada 6 volume album lagu Hoala dan Koala yang terbit dalam kurun waktu 2020-2021. 1 Video lagu durasinya 1-3 menit per episode. 



Selain lagu dalam bahasa Indonesia, Hoala Koala ada lagu dalam bahasa internasional lain. Bahasanya ada Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang.

Banyak musisi Internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala Koala, serta banyak sekali alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti terompet, saxophone, trombon, double bass, cello, harpa, klarinet, instrumen etnik khas Indonesia seperti gamelan & angklung.

Hoala Koala ada di banyak platform digital seperti YouTube, Instagram, TikTok, Spotify, Apple Music, Twitter dan Soundcloud. Pemilihan di platform digital ini salah satunya dilatarbelakangi karena pandemi dan kebiasaan anak yang akrab dengan gadget.

Salah satu lagu anak di Hoala Koala

Saat ini sudah ada 6 volume album lagu Hoala dan Koala yang terbit dalam kurun waktu 2020-2021. Salah satu lagunya yg kufavoritkan : 

Lagu Anak Rubah Ngintip Hoala Koala 

Rubah Ngintip



Hoala Koala Go International


Seperti yg kita tahu, Hoala Koala dirilis dalam bahasa internasional lain. Ga heran kalau Hoala Koala dapat mudah diterima di negara lain. Hoala Koala berhasil menginjakkan kaki di kancah internasional yg dibuktikan dengan tampilnya di videotron & baliho media internasional, di antaranya, New York Times Square, New York, Leicester Square Station, London dan Media Wall Lipscani, Bucharest.






Review Lagu Hoala Koala


Sebagai moms yg punya anak & orang Indonesia, asli aku bangga banget tau Hoala Koala & denger detail info soal Hoala Koala. Sekarang jadi enggak worry lagi nih, dengan perkembangan dunia lagu anak Indonesia.  Karena Hoala dan Koala hadir ibarat angin segar di tengah lesunya dunia musik anak. Hoala & Koala juga hadir sebagai salah satu sarana entertain sekaligus edukasi bagi anak-anak Indonesia.

Menurutku, lagunya enak didengar, liriknya mudah dihafal, banyak pelajaran yg didapat jadi anak bisa belajar sambil bermain, musiknya bikin semangat, animasinya keren ala film luar negeri. Aku & anakku suka banget ma Hoala Koala.


Kontak & Sosial Media Hoala Koala


Yg mau nonton langsung Hoala Koala bisa di Youtubenya ya.

- Youtube : Hoala Koala Youtube 


Untuk info lebih lanjut soal Hoala Koala, kalian bisa langsung cek online Hoala Koala di :

- Email : Hoala Koala Email

- Kontak Dari Website : Hoala Koala Kerjasama


Hoala Koala punya sosial media jg loh!

- IG : Hoala Koala IG

- Website : Hoala Koala Web

- Facebook : Hoala Koala FB

- Twitter : Hoala Koala Twitter


                              Buat nambah semangat aku nulis blog, bisa loh share article ini di G+ atau sosmed kalian.

Yang mau komen juga boleh banget. Kritik & saran berguna banget buat lebih baik lagi.
Terima kasih sudah membaca blog ini.
Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.
Have a amazing day & don't forget to smile !!

Love,
Mirza 


Please don't copy & paste photo without permission.
Contact me if u want my article/photo !!
Copyright  mirzapradita.com










 Buat nambah semangat aku nulis blog, bisa loh share article ini di G+ atau sosmed kalian.
Yang mau komen juga boleh banget. Kritik & saran berguna banget buat lebih baik lagi.
Terima kasih sudah membaca blog ini.
Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.
Have a amazing day & don't forget to smile !!

Love,
Mirza 


Please don't copy & paste photo without permission.
Contact me if u want my article/photo !!
Copyright of mirzapradita.com

22 komentar:

Ernita Ginting mengatakan...

Asli sih bener bgt, makin kesini makin sedikit lagu anak bahkan kbnayakan sekarang tuh anak anak yabg dinyanyiin lagu dewasa. Good bgt kalo trnyta udah ada lagu anak anak yang sampe go internasional semoga kedepannya lebih banyak lagu karya lagu anak anak ya 😍

Unknown mengatakan...

Makin bagus aja ya kualitas film&musik anak², kalau aku bisa hidup as a kids in this moment berasa seneng banget hihihi *lhoooo.. maksudnya nanti kalau aku punya anak, aku bakal kasih suguhan tontonan yg menyenangkan seperti ini

Nyonya Faruq mengatakan...

Kalau anak saya tahu lagu ini auto disetel ulang deh kaka

t h y a mengatakan...

aku pun sering kasih tontonan hoala & koala ke anakku mbaa..
alhamdulillah anaknya syuka. lumayan ya berkat hoala & koala jadi ada tontonan edukasi untuk anak.

Astrid Herera mengatakan...

Sering banget dengerin hoala & koala di youtube, anakku jadi pinter bersenandung, karakternya juga gemesin

Aliyatus sa'diyah mengatakan...

ini nih yang patut digaungkan soalnya emang bagus banget buat pengetahuan anak dan anak bisa berkembang sesuai usianya denger lagu anak anak

rica fairikha mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Silvia santiria mengatakan...

Sekarang udah jarang ada lagu anak anak terbaru. Jadi bagus banget nih buat stok kalo lg main sambil nyanyi sama anak anak

rica fairikha mengatakan...

Trimakasih byk mom, memang kebetulan anakku seneng bget nyanyi . Jd nambah channel yt buat anak deh ..

Rika Amelina mengatakan...

Baru tau aku tentang Hoala Koala ini, nanti aku setel ah buat anakku, thanks infonya mom

Imawati A. Wardhani mengatakan...

Anak saya lagi di fase suka nyanyi nih. Boleh deh nanti dikenalin sama hoala koala ini..

Priyani Kurniasari mengatakan...

Aku sendiri termasuk penggemar lagu-lagunya Bondan Prakoso, Enno Lerian, Chikita Meidy karena selain bagus lagunya juga sarat makna. Alhamdulillah Hoala koala melengkapi daftar koleksi buat ditonton nih, aransemennya bagus dan 'aman' buat anak-anak

Fitri Areta mengatakan...

Seru banget lagu di Hoala Koala. Animasinya juga keren. Lirik lagunya juga pas untuk anak-anak

Winata Nurin mengatakan...

Miris sih emng, banyak anak-anak yg seharusnya mendengarkan lagu anak-anak jadi hafal lagu cinta-cintaan :')

Kita sebagai orang tua harus mengawasi dan membiasakan anak-anak dgn tayangan yg sesuai dgn usianya

nyakizza.blogspot.com mengatakan...

Wah makasih rekomendasinya mom Mirza. Daripada muter lagu dewasa mulu mending muter lagu anak anak aja deh

Triyatni A. mengatakan...

Wih mantep ya Hoala Koala udah Go Internasional. Ini memang bagus soalnya bisa menambah lagu-lagu anak yang saat ini jarang banget

Silvie Permatasari mengatakan...

baru denger nih mom hoa koala, ini animasi indonesia ya...
bagus bgt nih buat anak anak supaya punya kamus lagu indonesia jgn nyanyi lagu dewasa terus atau kalu nyanyi lagunya itu itu aja

Renayku mengatakan...

Anak2 jadi punya kegemaran lagu2 utk usia mereka nih berkat Hoala Koala. Gak lagi deh nyanyi2 lagu org dewasa klo sering diputerin lagu2nya Hoala Koala

Annisa biru mengatakan...

Aku proud banget sama creator yang menciptakan lagu anak dan animasinya tuh bagus.. karena jarang lagu anak2 sekarang :( mayan nih anakku suka nyanyi2 bisa dipasangin hihi

@rulachubby mengatakan...

Rekomendasi tontonan baru buat Adhis nihh, makasih Tamirr ����

Laksmipaopao mengatakan...

Hoala & koala jd rekomendasi tontonan yg aman & berkualitas bagi perkembangan anak², orangtua juga bisa jadi teman untuk mendampingi

Aya Choiriyah mengatakan...

Wah baru tau nih ada Hoala & koala, otw cek akh buat tontonan anak nih..